Makassar, umi.ac.id – Lembaga Penelitian & Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Pelatihan Applied Approach (AA) Angkatan ke-X secara daring zoom yang dimulai tanggal 10 s/d 15 Januari 2022.

Kegiatan Pelatihan Applied Approach (AA) ini diikuti oleh 129 peserta dari 29 Perguruan Tinggi yang dibuka oleh Rektor UMI diwakili Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM.

Dalam laporannya, Ketua LP2S UMI Dr. Ir. H. Abdul Rauf, M.Si. menyampaikan bahwa Pelatihan AA ini diikuti oleh 129 peserta dari 29 Perguruan Tinggi dengan 15 narasumber dan 6 fasilitator.

“Pelatihan ini ditujukan dan terbuka untuk seluruh dosen perguruan tinggi baik dosen muda yang perlu meningkatkan pengalaman dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran maupun dosen senior yang ingin meningkatkan kapasitas diri dalam mengajar di era digital saat ini”.

Dosen Tetap FPIK UMI tersebut juga menambahkan bahwa penyelenggaraan pelatihan AA ini memiliki dasar hukum yang jelas sehingga sertifikat yang diperoleh melalui pelatihan ini diakui oleh kemendikbud dan dapat digunakan sebagai salah satu syarat administrasi sertifikasi dosen.

Program Applied Approach (AA) dirancang sebagai lanjutan dari pelatihan pekerti, yang bertujuan melatih dosen untuk memiliki wawasan dalam pembelajaran serta memberikan panduan praktis dalam menyiapkan segala sesuai yang berkaitan dengan pengajaran, tutup Abdul Rauf.

Sementara itu Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM. dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaan Universitas Muslim Indonesia yang dapat menjadi penyelenggara Pelatihan Applied Approach (AA) dan Pekerti untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia melalui LP2S UMI.

Pelatihan Applied Approach (AA) dan Pekerti merupakan bagian dari persyaratan bagi dosen untuk mendapatkan sertifikasi dosen, ungkap mantan Dekan FT UMI 2 periode ini.

Penyelenggaraan Pelatihan Applied Approach (AA) dan Pekerti ini melalui LP2S UMI merupakan kegiatan yang memiliki legalitas yang di akui oleh pemerintah melalui kemendikbud.

Jadi tidak salah para peserta khususnya peserta eksternal untuk memilih UMI yang merupakan perguruan tinggi pertama di luar pulau jawa meraih akreditasi ‘Unggul” sebagai tempat pelatihan Applied Approach (AA), tutupnya.