Makassar, umi.ac.id – UPT. Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis (UPT. MIIB) Universitas Muslim Indonesia (UMI) gelar Business Matching dan Match Making 24 sampai 25 Agustus 2021.

Program ini merupakan kegiatan swakelola yang dilaksanakan oleh UPT. Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis (UPT. MIIB) UMI, selain Business Coaching and Mentoring yang diberi kewenangan pelaksanaannya dari Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring yang dihadiri oleh beberapa stakeholders, yaitu kepala Dinas, Pimpinan Bank, pelaku Usaha, investor dan juga para mentor dan 27 tenant/umkm yang dibina oleh UPT MIIB UMI.

Terpantau, acara ini dihadiri pula oleh Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Drs. Talkah Badrus, MM yang diberi kesempatan untuk memberikan arahan dan sambutan.

Dalam sambutannya, Talkah Badrus mengharapkan agar kerjasama ini bisa menumbuhkan wirausaha atau UMKM yang tangguh agar transformasi koperasi yang modern dapat meningkatkan perekonomian nasional.

“Perguruan Tinggi melalui inkubator bisa berkolaborasi dalam meningkatkan daya saing dari UMKM,” jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (28/8/2021).

Rektor UMI yang diwakili Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Promosi, Prof. Dr. Ir. Hattah Fattah, M.S ,dalam sambutannya sebelum membuka acara mengatakan bahwa Pimpinan UMI selalu mendorong dan memperhatikan tenant atau wirausaha pemula yang ada di UMI untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan usahanya.

“Terlebih lagi dengan adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, UMI juga setiap tahunnya mengadakan kegiatan Start-up competition bagi mahasiswa sebagai cikal bakal pengembangan wirausaha,” kata Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan itu.

Pada kesempatan ini Kepala UPT MIIB UMI, Dr. Asdar. Djamereng, SE,MM, dalam laporannya mengharapkan, agar kerjasama dengan KEMENKOP dan UKM RI tetap terjalin dan akan tercipta kerjasama dari stakeholders untuk para pelaku usaha.

“Sehingga usaha mereka bisa berkembang dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Dalam acara yang digelar 2 hari ini, hadir 4 orang narasumber, yaitu Drs. Andi Muhammad Yasir, M Si (Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sektetariat Daerah Kota Makassar), Drs. Muh. Idham, MM (Ketua Inkubator Bisnis Teknologi Balai Besar Industri Hasil Perkebunan), dan Yus Marasabessy, SE (Manager Pemasaran Kredit, BRI Cab. Somba Opu), serta Zulkifli AT (Founder Sahaba Visual Marcomm), ujar Asdar yang juga alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

(HUMAS)