Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar Pekan Pesantren Virtual Mahasiswa Baru (Maba) tahun akademik 2021/2022, Senin (30/8/2021) merupakan Angkatan yang ke 9 untuk tahun ini.

Di angkatan ke sembilan kali ini, Maba UMI peserta pekan pesantren virtual ini berjumlah 13 orang yang terbagi ke dalam 13 fakultas dan ditambah Akademi Bahasa Asing (ABA).

Setiap satu fakultas diwakili 1 orang untuk mengikuti secara luring di Masjid Umar Bin Khattab Kampus II UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UMI yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan pengembangan Sumber Daya Pembelajaran, Dr. Ir Hanafi Ashad, S.T, M.T, IPM.

Dalam sambutannya, ia kembali menyinggung perihal salah satu cita-cita UMI dalam menciptakan luaran yang berkualitas.

“Jadi seperti yang selalu disampaikan oleh pak Rektor bahwa ananda sekalian harus menjadi generasi Ulul Albab. Apa itu? yakni generasi yang selalu berpikir terhadap Allah SWT.

Dengan demikian, setiap tindakan yang disandarkan kepada Allah akan menjadi berkualitas dan bernilai baik bagi manusia,” ungkap Hanafi Ashad.

Lebih penting ditegaskan Mantan Dekan Fakultas Teknik UMI dua periode ini, adalah mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 adalah angkatan spesial. Ini menurutnya, didasarkan pada dua hal yang saat ini menjadk indikator kemajuan perguruan tinggi.

“Ini Angkatan spesial karena pertama tahun ini adalah tahun penerapan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dan yang ke dua adalah penerapan Blended Learning maksudnya adalah penerapan sistem pembelajaran dengan daring dan luring,” tegas Hanafi Ashad.

Seperti angkatan-angkatan sebelumnya, diawali pukul 07.00 shalat Dhuha dilanjutkan zikir dan doa dan pembukaan.

Setelah itu Maba peserta pekan pesantren diberikan sejumlah materi diantaranya Strategi UMI dalam mempersiapkan Sumber Daya berkarakter menuju World Class University, Komitmen Ke-UMI-an, Fungsi perpustakaan dalam pembelajaran di UMI dan pengenalan visi dan fakultas serta strategi pengembangan akademik, administrasi dan keuangan serta kemahasiswaan dan pembinaan IMTAQ dan akhlakul karimah di tingkat Fakultas.

(HUMAS)