Makassar, umi.ac.id – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Pengucapan Sumpah dan Janji Sarjana Kedokteran Gigi Periode II Tahun 2021 di Hotel Claro Makassar, Rabu (20/10/2021).

Pengucapan Sumpah dan Janji Sarjana Kedokteran Gigi ini dipimpin langsung Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UMI Prof. drg. Moh. Dharma Utama, Sp.Pros(K). disaksikan Rektor UMI yang diwakili Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM.

Dalam acara pengambilan Sumpah Dokter Gigi ini disaksikan para orang tua wali alumni. Campur haru mewarnai prosesi sakral bagi sarjana dokter gigi dan alumni dokter gigi UMI ini.

Sebelum pelaksanaan acara peserta yudisium, pimpinan dan semua peserta atau undangan yang hadir wajib dilakukan swab antigen dan mematuhi Protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM. mengungkapkan, puji syukur Alhamdulillah karna UMI semakin menunjukkan jati dirinya sebagai lembaga pendidikan dan dakwah.

UMI memiliki visi menghasilkan sumberdaya yang berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlakul karimah, urai mantan Dekan FT UMI 2 periode ini.

Secara institusi UMI mendapatkan kepercayaan dari BAN PT untuk predikat Unggul dan di indonesia baru 11 baik PTN dan PTS serta satu satunya di luar pulau jawa, ungkapnya.

Secara formal anak-anakku telah lulus, tetapi secara emosional anak-anakku masih bagian dari UMI yang tergabung dalam IKA UMI.

Selamat dan terima kasih kepada orang tua mahasiswa atas kepercayaannya kepada UMI menitipkan anaknya menimba ilmu untuk meraih gelar sarjana kedokteran gigi, tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pengwil PDGI Sulselbar Dr. drg. Asdar Gani, M.Kes. dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada UMI khususnya Dekan dan civitas akademika FKG UMI.

Selamat bergabung dokter gigi baru di PDGI, masih banyak tantangan kedepan yang akan kita hadapi bersama.

Di indonesia masih banyak memiliki masalah gigi. Setelah ini adik-adik diharapkan memiliki STR dan SIP, ungkapnya.

drg. Asdar Gani menambahkan bahwa untuk dokter gigi setelah selesai dan mendapatkan SIP langsung dapat menangani pasien.

Sebagai Ketua PDGI mengingatkan ujian paling sulit ketika anda di lapangan ketika kita berhadapan langsung pasien dengan kewenangan sebagai dokter gigi, Kalau kita tidak hati-hati bisa terjerumus.

Layanilah masyarakat dengan kasih sayang dan penuh tanggung jawab, tutupnya.

Dekan FKG UMI Prof. drg. H. Moh. Dharma Utama, Ph.D.,Sp.Pros(K). Menjelaskan bahwa kami terus bekerja keras untuk menghasilkan sumberdaya yang berkualitas.

Sekarang FKG UMI telah menghasilkan dokter gigi sebanyak 190 orang, urainya.

Ucapan terima kasih kepada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa khusunya kepada orang tua untuk kepercayaannya kepada FKG UMI untuk menitipkan anaknya menimba ilmu.

Profesi dokter gigi adalah profesi mulia. Karna tidak hanya membahagiakan pasien tetapi juga keluarga. Jalankanlah profesi dokter gigi sesuai etika dan profesional dalam kode etik dokter gigi.

Utamakan kepuasan pasien dan utamakan pengabdian kepada masyarakat, harapnya.

Asah terus kompetensi yang dimiliki, belajarlah terus hingga di akhir hayat, tutupnya.

Pengucapan sumpah dokter gigi ini diikuti oleh 38 peserta. Sedangkan janji dokter gigi sebanyak 2 peserta.

(HUMAS)