Makassar, umi.ac.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar program kerjasama dengan International Health Program, National Yang-Ming Chiao Tung University, Teipei, Taiwan.

Salah satu bentuk implementasi kerjasamanya adalah 8 mahasiswi Prodi Kesehatan Masyarakat, mengikuti kuliah/kelas “Health Services Research Methods”.

Proses pembelajaran dilaksanakan secara online melalui aplikasi Webex pada pukul 09.00-12.00 WITA dengan mata kuliah yang dibawakan oleh Prof. Nicola Huang, Kamis, (16/9/2021) secara virtual.

Adapun 8 Mahasiswi yang mengikuti program International Class, ialah Alya Dafa Amirah Prodi Kesehatan Masyarakat – Gizi, Aida Nurafifa Prodi Kesehatan Masyarakat – Epidemiologi, Inayah Ilmiah Yunus Prodi Kesehatan Masyarakat – Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Wafiq Khalifatul Azizah Prodi Kesehatan Masyarakat – Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Nursuciyani Jamal Prodi Kesehatan Masyarakat – Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Ninik Tias Nugraha Prodi Kesehatan Masyarakat – Gizi, Vira Aprilia Della Prodi Kesehatan Masyarakat – Kesehatan Lingkungan dan Anugrah Maharani Prodi Kesehatan Masyarakat – Epidemiologi.

Selain itu, kelas international pada saat itu juga diikuti oleh beberapa mahasiswa S2 dan S3 yang merupakan mahasiswa IHP- NYCU yang berasal dari berbagai negara seperti Taiwan, Vietnam, Indonesia, Ghana, Eswatini, Honduras, Beliz.

Salah seorang peserta kelas Internasional, Ninik Tias Nugraha mengatakan, menjadi peserta dalam kelas tersebut adalah suatu pengalaman berharga.

“Menjadi salah satu peserta dalam kelas international ini merupakan pengalaman yang sangat mengesankan, selain mendapat banyak pengetahuan dan hal baru, juga bisa belajar dengan mahasiswa dari berbagai Negara” Kata Ninik salah satu siswi wakil FKM-UMI, Sabtu, (18/9).

Sementara itu, DR. A. Surahman Batara selaku Kaprodi Kesmas FKM UMI sangat mendukung dan bangga dengan pencapaian ini.

“Program seperti ini akan sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa kami, dengan pengalaman ini, kami yakin akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dan akan lebih mampu berkompetisi ditinggkat global” Ucap Dr. A. Surahman Batara, Sabtu, (18/9/2021).

Dukungan besar juga hadir dari Dekan FKM-UMI DR. Suharni. Kelas International ini akan berlangsung hingga Desember 2021 atau berlangsung satu semester.

(HUMAS)