Makassar, umi.ac.id – 2 orang Dosen UMI atas nama Awaluddin Syamsu, S.Pd.I.,MA.TESOL dan Hadijah S.Pd.,M.Pd melakukan pengabdian di Madrasah Aliyah Wihdatul Ulum YW UMI, Parang Loa, Kebupaten Gowa.

Adapun tema pengabdiannya adalah “Pengajaran Bahasa Inggris Menggunakan Youtube Channel”. Pengabdian ini tepatnya dilkukan di kelas 2.

Ketika dijumpai, ketua pengabdi bapak Awaluddin mengatakan bahwa penggunaan YouTube Channel bisa menjadi salah satu solusi pengajaran di era modern ini.

Apalagi dimasa pandemic dimana siswa tidak masuk ke sekolah atau kehadirannya dibatasi sehingga dengan menggunakan YouTube Channel siswa bisa mengakses pembelajaran dimana dan kapan saja.

Dalam pengabdian ini, lanjutnya, tim pengabdi akan membuat 2 hal yaitu yang pertama adalah Youtube Channel atas nama sekolah dan Video pembelajaran yang akan di upload di Youtube Channel.

Channel dan video pembelajaran ini semuanya akan diserahkan kepada pihak sekolah untuk digunakan dan dikembangkan.

Ibu Kepala sekolah Arniah, SE.,S.Pd berharap kegiatan pengabdian seperti ini terus dilanjutkan untuk meningkatkan kualiatas sekolah, apalagi UMI dan Madrasah Aliyah Wihdatul Ulum sama-sama berada di bawah Yayasan Waqaf UMI.

Dengan kesamaan induk ini, maka dosen-dosen UMI juga sebaiknya mengambil bagia untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sekolah terutama pengabdian dan penelitian.

Adapun beberapa kendala yang dihadapi oleh tim pengabdi dengan menggunkan video di YouTube adalah kendala jaringan yang belum begitu baik di daerah Parang Loe serta kesulitan siswa dalam membeli paket internet, belum lagi siswa yang harus berbagi HP dengan saudaranya untuk belajar.

(HUMAS)