Makassar, umi.ac.id – Majelis Taklim (MT) Ukhuwah Universitas Muslim Indonesia (UMI) rutin menggelar pengajian rutin bulanan dengan berbagai topik tematik yang menarik.

Terbaru adalah Pengajian Rutin Bulanan yang dikemas dalam bentuk webinar dengan tajuk ‘Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Mulut Rahim dan Kanker Payudara’ pada Jumat, (12/11/2021) siang.

Kegiatan berlngsung secara online dan offline ini menghadirkan pembicara Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran (FK) UMI Dr.dr. Nasrudin Andi Mappaware, Sp.OG(K) dan dipandu moderator Wakil Ketua III MT Ukhuwah UMI yang juga Dosen Fakultas Hukum UMI, Dr. Satrih Hasyim, SH, MH.

Dalam materinya, Dokter Nas, sapaan akrabnya, menjelaskan berbagai upaya pencegahan dan deteksi gejala yang akan mengarah kepada Kanker Mulut Rahim dan Payudara.

“Misalnya dengan upaya skrining seperti pemeriksaan payudara sendiri, (Sadari), Pemeriksaan Payudara oleh suami (Sadami), pemeriksaan payudara oleh dokter (Sadaro) USG Payudara, dan Mammografi,” katanya.

“Skrining ini sebaiknya dilakukan di waktu yang teratur seperti menjelang dan setelah haid bagi ibu-ibu,” sambung akademisi FK UMI itu.

Sementara itu, Ketua MT Ukhuwah UMI, Dr. Hj, Amirah Kallabe, SE, MM menyebutkan, kegiatan yang sifatnya edukatif seperti ini rutin dilakukan oleh MT Ukhuwah UMI untuk memberikan pemahaman kepada ibu-ibu.

“ MT Ukhuwah senantiasa bergerak atas dasar tanggung jawab di keluarga yang mendidik anak secara langsung. Juga sebagai organisasi non-struktural UMI, MT Ukhuwah menjadi corong membangun Citra yang baik bagi UMI,” lanjut alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab. Kegiatan berbentuk diskusi ilmiah dengan narasumber kompeten seperti ini akan berlangsung secara berkelanjutan.

(HUMAS)