Makassar, umi.ac.id – Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Sastra (FS) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Webinar dan Sharing Session tentang Enterpreneurship yang diikuti oleh mahasiswa secure virtual video conference zoom, selasa (16/11/2021).

Webinar tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Muhammad Jufri, S.Psi, M.Psi selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel dan Enterpreneur Muda asal Makassar Muhammad Eka Prachandra selaku Owner dan CEO Mec Indonesia.

Dalam pemaparannya, Prof Jufri mengungkapkan bahwa anak muda tidak boleh malu dan takut bersaing dengan orang lain. Ia memotivasi dan mengajak mahasiswa untuk mau terjun berbisnis dan berusaha sejak usia muda.

“Jiwa enterpreneurship ini harus dilatih dan dikembangkan sejak usia muda. Jangan pernah malu untuk memulai usaha. Terlebih di jaman sekarang yang peluangnya serba terbuka dan berbasis digital,” ungkap Prof. Jufri yang juga merupakan Dosen Luar Biasa Fakultas Sastra UMI ini.

Selanjutnya Eka Prachandra, dari Mec Indonesia mengatakan, di era sekarang yang dibutuhkan adalah anak muda dan mahasiswa yang punya pergaulan luas dalam hal ini relasi dan jejaring pertemanan.

Menurut Chandra sapaan akrabnya, dengan bergaul dan banyak teman, kita dapat banyak pelajaran tentang dunia usaha.

“Dunia saat ini membutuhkan orang yang kreatif yang sanggup melihat celah menjadi peluang bisnis yang menghasilkan pendapatan luar biasa. Jadi mulai sekarang perbanyaklah bergaul dan belajar dari orang sukses. Mimpi itu harus segera diwujudkan, jangan cuma tertinggal di kepala,” ungkapnya.

Ketua Prodi Sastra Indonesia, Dr. Sitti Rahmawati, SS.,M.Pd. mengaku gembira melihat antusias mahasiswa mengikuti kegiatan ini meski lewat layar virtual zoom. Suasana perbincangan berlangsung cair sehingga waktu berjalan terasa cepat dan singkat.

Para narasumber berjanji membantu para mahasiswa yang mau bergelut di dunia usaha lewat program pelatihan dan pemagangan, terkhusus untuk mahasiswa Fakultas Sastra UMI. Diakhir acara, akan digagas rencana program kerja sama dalam bentuk MoU dengan Mec Indonesia.

Sejumlah pejabat dalam lingkup Fakultas Sastra UMI turut hadir dalam kegiatan ini seperti, Direktur ABA Dr. Hj. Muli Umiaty Noer, M.Hum, Kepala Humas UMI Dr. Hj. Nurjannah Abna, SS.,M.Pd., Wakil Dekan l Fakultas Satra Dr. Muliadi, M.Hum, Wakil Dekan III Fakultas Sastra Abdul Madjid, S.Sos.,M.Si, dan Kepala Laboratorium Multimedia Komunikasi Muhammad Idris, M.I.Kom.

(HUMAS)