Makassar, umi.ac.id – Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. H. Basri Modding, SE M.Si., menghadiri seminar nasional dengan tema strategi dan inovasi pengembangan perguruan tinggi menuju daya saing global yang dilaksanakan Forum Rektor Indonesia kerjasama Universitas Islam Malang (11/1) dilanjutkan dengan rapat konsolidasi Forum Rektor Indonesia.

Di sela-sela acara, Prof. Basri Modding yang juga Wakil Ketua Pokja Ekonomi dan Keuangan Forum Rektor Indonesia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu agenda Forum Rektor Indonesia untuk lebih memacu perguruan Tinggi se-Indonesia lebih inovatif dalam bidang tridarma perguruan tinggi untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia menuju daya saing global.

Sekaligus bergerak untuk menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan menyesuaikan kebutuhan era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0.

“Kampus sebagai pusat inovasi, sangat dibutuhkan saat ini untuk menjawab berbagai permasalah era global saat ini, ujar alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Kegiatan yang dibuka Gubernur Jawa Timur Hj. Khafifah Indar Parawansa ini diikuti Dewan Kehormatan FRI, Dewan Pertimbangan FRI, Dewan Pengurus Harian FRI, Rektor PTN/PTS se Indonesia, Senat Universitas Islam Malang.

Sementara itu, Ketua Forum Rektor Indonesia yang juga Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D. Eng., IPU, ASEAN Eng., dalam sambutannya mengatakan hampir dua tahun melaksanakan pembelajaran secara daring, Covid 19 memberi distrupsi pandangan lain lebih hebat.

Jutaan pendidik menggunakan teknologi digital pembelajaran sesuatu yang tidak mudah dilakukan sebelum Pandemi Covid 19 meskipun regulasi sudah ada sebelum Covid hadir. Selain itu covid19 juga menghadirkan kesempatan non klasikal dengan menjalankan pendidikan secara inovatif.

Membimbing, memacu mempercepat perubahan seharusnya sudah dilakukan sebelumnya. Covid 19 mengingatkan untuk lebih inovatif dan antisipatif dan bersungguh-sungguh memotivasi diri di lembaga masing-masing dengan pendekatan baru dan beradaptasi dengan era global saat ini.

Sementara itu Ketua Panitia yang juga Rektor UNISMA, Prof. Dr. Masykuri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang dihadiri peserta Pimpinan Perguruan Tinggi se Indonesia.

Perguruan tinggi harus lebih responsif dan mendorong SDM dan kolaborasi sehingga mendongkrak daya saing pendidikan Indonesia di tingkat global. Perguruan tinggi mempunyai strategi dan inovasi pengembangan SDM untuk berkiprah di tingkat internasional, ujar Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia ini.

(HUMAS)