Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) terus memposisikan diri sebagai perguruan tinggi terkemuka.

Ini terbukti dari berbagai capaian yang dicapai oleh perguruan tinggi yang menisbahkan diri sebagai lembaga pendidikan dan dakwah itu.

Terbaru adalah ditetapkannya UMI sebagai perguruan tinggi berakreditasi institusi Unggul.

Untuk meraih Unggul, lembaga pendidikan wajib memiliki akreditasi A terlebih dahulu lalu menjadi syarat konversi.

Kategori akreditasi institusi tertinggi dalam Instrumen Suplemen Konversi (ISK) ini sukses diraih UMI berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN_PT) bernomor 859/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IX/2021.

Artinya UMI adalah PTS pertama di luar Jawa yang meraih Unggul.

Surat keputusan untuk akreditasi Unggul UMI ini ditandatangani langsung oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Prof T Basaruddin tertanggal di Jakarta 28 September 2021.

Wakil Rektor I UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT., IPM. saat ditemui di ruang kerjanya lantai 9 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Rabu (29/9/2021), membenarkan perihal kabar raihan akreditasi Unggul UMI tersebut.

“Betul jadi kabar terbaru dan membahagiakan itu adalah UMI berhasil meraih akreditasi Unggul dari BAN-PT,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Sumber Daya Pembelajaran UMI itu.

Sementara itu, Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., M.Si. mengungkapkan kesyukurannya atas raihan akreditasi yang selalu didambakan oleh perguruan tinggi sebagai pembuktian kualitas akademik.

“Capaian ini berkat kerjasama dan doa seluruh sivitas akademika UMI. Ini adalah hadiah terbaik atas kerja keras kita semua.

Setelah banyak program studi yang raih Unggul, kini giliran institusi,” kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Dilansir dari website resmi BAN-PT pukul 11.22 WITA, Rabu 29 September 2021, UMI adalah adalah perguruan tinggi ke delapan dari 11 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Sekedar informasi, jumlah perguruan tinggi di Indonesia adalah berjumlah ribuan. UMI juga merupakan institusi pendidikan tinggi pertama di luar Jawa yang meraih Unggul.

Diketahui, terdapat 4 poin dimensi penilaian untuk bisa meraih akreditasi Unggul. Pertama, Mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola. Lalu mutu dan produktivitas luaran (outputs) dan capaian (outcomes).

Kemudian, mutu proses, masyarakat, dan suasana akademik, dan Terakhir adalah mutu input.

(HUMAS)