Makassar, umi.ac.id – Fakultas Kedokteran (FK) kembali menggelar yudisium dan pengucapan janji sarjana kedokteran di Hotel Myko, Jalan Boulevard, Makassar, Selasa (28/9/2021).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UMI Prof. dr. Syarifuddin Wahid, Ph.D.Sp.PA. (K) mengatakan, kegitan ini adalah prosesi penting bagi orang tua dan mahasiswa.

“Acara ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada orang tua atas didikan kami terhadap para mahasiswa yang sudah didik sebaik mungkin sampai di tahapan ini,” kata Prof Suarifuddin Wahid.

Guru Besar FK UMI ini menyebutkan, salah satu yang dilakukan adalah mendorong dokter luaran FK UMI untuk ke daerah-daerah sebagai bentuk pengenalan medan baru dalam pelayanan kesehatan.

“Anak anak kita disiapkan untuk menghadapi layanan primer, jadi bukan di rumah sakit tipe A tapi di puskesmas dan rumah sakit daerah. Ini juga mendorong atmosfir pendidikan baru bagi anak anak kita, salah satu pertimbangan sehingga kita memilih bekerja sama dengan RS di Bulukumba,” sebutnya.

Sementara itu Wakil Rektor I UMI Dr. Ir Hanafi Ashad, MT, IPM berharap, alumni sarjana kedokteran dan profesi dokter FK UMI dapat memberikan manfat seluas-luasnya di masyarakat sebagai corong universitas.

“Jika mampu menginplementasikan kata kata yang ada di dalam sumpah tadi, maka saya yakin anak-anak kita akan mampu membawa nama UMI berdasarkan visi misi UMI yang melahirkan manusia berilmu amaliah, amal Ilmiah,” tegas manttan Dekan Fakultas Teknik UMI ini.

kegiatan yang merupakan tahapan terakhir bagi mahasiswa sarjana kedokteran dan profesi dokter itu juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kerjasama berupa Memory of Agreement (MoA).

Kesepakatan kerjasama yang ditandai dengan MoA ini dilakukan antara FK UMI dan RS Ibnu Sina YW UMI dengan RSUD H Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba.

(HUMAS)